
SEJARAH SINGKAT DAN PROFIL
Selama puluhan tahun, PPM Manajemen
(PPM) telah menjadi mitra bagi para manajer dan calon manajer Indonesia
dalam berbagi pengalaman di bidang pembelajaran teori dan praktik
manajemen.
Sebagai organisasi berorientasi pasar
yang bertanggung jawab dan memiliki misi yang jelas, PPM terus berupaya
tanpa henti menjadi lembaga pelopor di bidang manajemen melalui riset
tentang praktik manajemen di Indonesia, meraih cita-cita dengan
mempromosikan produktivitas dan sisi kemanusiaan dalam bisnis dan
manajemen. Meningkatkan kompetensi manajemen melalui pembelajaran yang
tanpa henti, sehingga memungkinkan PPM menyediakan layanan berkualitas
tinggi bagi perusahaan dan organisasi lain.
Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen
Yayasan Pendidikan dan Pembinaan
Manajemen berdiri pada 3 Juli 1967, dengan tujuan memberikan kontribusi
bagi tercapainya upaya pembangunan menuju masyarakat Indonesia yang adil
dan makmur melalui ilmu manajemen dan nilai-nilai sosial budaya yang
diinspirasi oleh Pancasila. Manajemen berdasarkan Pancasila berarti
menjalankan roda perusahaan dengan memerhatikan lingkungan dan
kepentingan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), yaitu penanam
modal, karyawan, konsumen, pemasok, pemerintah, dan publik.
Unit Bisnis
Yayasan PPM menjalankan misinya melalui empat unit bisnis:Unit Bisnis
1. PPM School of Management: program pendidikan manajemen bergelar.
2. Program Pengembangan Eksekutif: pelatihan manajemen
3. PT Binaman Utama: konsultansi manajemen.
4. PT Pustaka Binaman Pressindo: penerbitan buku dan seminar manajemen.
PPM menjalankan aktivitasnya dengan
memanfaatkan dukungan dari jejaringnya yang luas dan kepercayaan dari
komunitas bisnis dan masyarakat Indonesia. Sekarang PPM memiliki 57
orang staf pengajar yang berasal dari lulusan universitas terkemuka,
baik dari dalam maupun luar negeri yang dibantu oleh lebih dari 200
karyawan pendukung, masing-masing memiliki komitmen purna waktu demi
tercapainya cita-cita PPM.
KOMITE EKSEKUTIF YAYASAN PPM:
I. BADAN PEMBINA | ||
Ketua merangkap Anggota | : | Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo |
Wakil Ketua merangkap Anggota | : | Drs. Inget Sembiring |
Sekretaris merangkap Anggota | : | Dr. Joanes Riberu |
Anggota | : | Dr. Anak Agung Gde Agung, MA. |
Anggota | : | Titi Sumbung, SH, MPA. |
Anggota | : | Prof. Dr. Washington P. Napitupulu |
Anggota | : | Ir. N. Sutan Assin |
Anggota | : | Dr. Martha Tilaar |
Anggota | : | Prof. Dr. Conny R. Semiawan |
II. BADAN PENGURUS | ||
Ketua Umum | : | Dr. Cosmas Batubara |
Ketua I | : | Prof. dr. Pratiwi Sudarmono, Ph.D |
Ketua II | : | Ir. Martiono Hadianto, MBA |
Sekretaris Umum / Administrator | : | Drs. Stef Agus |
Sekretaris I | : | Camellia W. Darmawan, BSc. |
Bendahara Umum | : | Ir. Mangiring L. Toroean, MBA, MM. |
Bendahara I | : | Drs. Poedjiono, MBA, QIA |
Anggota | : | Bacelius Ruru, SH, LLM |
Anggota | : | Drs. I Gede Ardika |
III. BADAN PENGAWAS | ||
Ketua | : | Shanti L. Poesposoetjipto, Dipl. Ing. |
Anggota | : | Anugerah Pekerti, Ph.D. |
Anggota | : | Dr. Soedarti Surbakti |
Anggota | : | Drs. Enggartiasto Lukita |
Anggota | : | Ir. Lukman Purnomosidi, MBA. |
Anggota | : | Herman S. Endro, SH |
Anggota | : | Marwata, Ph.D |
IV. DEWAN DIREKSI PPM | ||
Ir. Andi Ilham Said, MSOM, Ph.D. | : | Direktur Utama |
Reni Lestari Razaki, Ir., MM. | : | Direktur PT Binaman Utama dan |
PT. Pustaka Binaman Pressindo | ||
Ir. Martinus Sulistio Rusli, MBA, Ph.D. | : | Ketua Sekolah Tinggi Manajemen |
Ir. Andi Ilham Said, MSOM, Ph.D. | : | Direktur Program Pengembangan |
Eksekutif |
MISI PPM:
Mengambil bagian dalam usaha pembangunan
menuju tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur melalui
pengembangan dan pengamalan manajemen berdasarkan ilmu pengetahuan dan
nilai sosial budaya yang luhur dijiwai Pancasila.
VISI PPM:
PPM menjadi institusi manajemen unggulan
di Indonesia dan terpandang di Asia Tenggara yang merupakan pilihan
utama dan kebanggaan pengguna jasa, karyawan, dan pemangku kepentingan
(stakeholders) lainnya.
Visi ini dicapai PPM dengan:
ՠMenyediakan jasa manajemen yang mutakhir, berorientasi terapan, dan relevan;
ՠMelakukan pembaruan terus-menerus dengan tetap memerhatikan kebutuhan pasar;
ՠMenjunjung tinggi dan mengembangkan profesionalisme;
ՠMelaksanakan dan menyebarluaskan tanggung jawab sosial;
ՠMengembangkan jejaring nasional dan internasional yang luas.
ՠMenyediakan jasa manajemen yang mutakhir, berorientasi terapan, dan relevan;
ՠMelakukan pembaruan terus-menerus dengan tetap memerhatikan kebutuhan pasar;
ՠMenjunjung tinggi dan mengembangkan profesionalisme;
ՠMelaksanakan dan menyebarluaskan tanggung jawab sosial;
ՠMengembangkan jejaring nasional dan internasional yang luas.
JALAN DAUN
Komitmen dan Fokus PPM terhadap Kemajuan Ilmu dan Praktik Manajemen Indonesia
Hidup tidaklah sekadar hadir. Sebatang pohon yang hidup bukanlah sekadar hadir sebagai sosok tegak. Pohon hidup akan terus melahirkan dedaunan baru. Ketika pohon bertumbuh dengan dedaunan yang semakin rindang, perspektif baru akan tercipta pada kaki langit. Tumbuhnya pohon memberi perubahan, pembaruan, dan pengayaan pada lingkungannya.
Demikianlah organisasi atau perusahaan yang berkembang harus mampu menumbuhkan daun-daun baru yaitu jenis usaha baru, sistem pengelolaan baru, cara pelayanan baru, sumber daya baru. Organisasi yang senantiasa berkembang memerlukan sikap visioner.
Hidup tidaklah sekadar hadir. Sebatang pohon yang hidup bukanlah sekadar hadir sebagai sosok tegak. Pohon hidup akan terus melahirkan dedaunan baru. Ketika pohon bertumbuh dengan dedaunan yang semakin rindang, perspektif baru akan tercipta pada kaki langit. Tumbuhnya pohon memberi perubahan, pembaruan, dan pengayaan pada lingkungannya.
Demikianlah organisasi atau perusahaan yang berkembang harus mampu menumbuhkan daun-daun baru yaitu jenis usaha baru, sistem pengelolaan baru, cara pelayanan baru, sumber daya baru. Organisasi yang senantiasa berkembang memerlukan sikap visioner.
Sebagai lembaga yang terus tumbuh dan
berkembang, pohon PPM pun terus menjalani revitalisasi agar menjadi
organisasi responsif kelas dunia, tetapi tetap berpegang teguh pada
nilai-nilai dan keutamaan nasional. Hanya dengan cara itu PPM akan dapat
terus mendampingi mitranya menapaki Jalan Daun tumbuh dan berkembang
menjadi organisasi dan pelaku ekonomi yang berharkat dan bermartabat.
No comments:
Post a Comment